SPAN - PTKIN

 INFORMASI UMUM
SPAN-PTAIN DAN UM-PTKIN
TAHUN 2016

 Latar Belakang

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, ditetapkan bahwa pola penerimaan mahasiswa baru pada UIN/IAIN/STAIN di Indonesia dilakukan secara nasional dan bentuk lain. Pola seleksi secara nasional pada UIN/IAIN/STAIN disebut Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan pola seleksi bentuk lain yang dilakukan secara bersama oleh UIN/IAIN/STAIN disebut Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) yang kedua pola tersebut diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi.

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh seluruh PTKIN harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.

PTKIN sebagai penyelenggara pendidikan setelah SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di PTKIN berdasarkan rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah. Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di UIN/IAIN/STAIN melalui SPAN-PTKIN.

Tujuan

  • Memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada sekolah/madrasah agar mendaftarkan siswanya melalui SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN untuk memperoleh pendidikan tinggi di UIN/IAIN/STAIN.;
  • Mendapatkan calon mahasiswa baru yang berprestasi akademik tinggi melalui seleksi siswa SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah.

Ketentuan Umum dan Persyaratan
Ketentuan Umum

  • SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis.
  • Sekolah/Madrasah yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN adalah sekolah/madrasah yang secara sah memperoleh ijin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.
  • Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Sekolah/Madrasah masing-masing.

Persyaratan Siswa Pelamar
Pendaftaran

  • Siswa SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah kelas terakhir pada tahun 2015.
  • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  • Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.

Penerimaan

  • Lulus dari Satuan Pendidikan (SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara), lulus SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN 2016, sehat, dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTKIN penerima.

 Tata Cara Mengikuti
SEKOLAH

  1. Kepala sekolah/madrasah mendaftarkan sekolah/madrasahnya melalui laman http://www.span-ptkin.ac.id
  2. Kepala sekolah/madrasah mengisikan data sekolah dan siswa pada borang pendaftaran.
  3. Kepala sekolah/madrasah mendapatkan User Id dan Password untuk diberikan kepada siswa guna melakukan pendaftaran.

 SISWA

  1. Siswa menggunakan User ID dan Password yang diberikan oleh kepala sekolah/madrasah untuk melakukan pendaftaran melalui laman http://www.span-ptkin.ac.id
  2. Siswa mengisi biodata, mengunggah foto, memilih program studi, mengunggah prestasi lain, dan melakukan finalisasi pendaftaran.
  3. Siswa mencetak dan menyimpan kartu pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SPAN-PTKIN.dan UM-PTKIN

 Jadwal Seleksi

  • Jalur SPAN-PTKIN

       Pendaftaran                    : 09 Maret - 30 April 2016

        Proses Seleksi                 : 06 -19 Mei 2016

        Pengumuman Hassil        : 23 Mei 2016

        Registrasi                       :  14 - 15 Juni 2016


  • Jalur UM-PTKIN

         Pendaftaran                    : 01 Mei - 03 Juni 2016

         Proses Seleksi                 : 14 - 15 Juni 2016

         Pengumuman Hasil          : 18 Juni 2016

         Registrasi                       : 19 Juni 2016

Program Studi dan Jumlah Pilihan

  1. Siswa pelamar memilih 2 (dua) PTKIN yang diminati.
  2. Siswa pelamar memilih 2 (dua) program studi yang diminati pada masing-masing PTKIN.
  3. Urutan pilihan PTKIN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  4. Daftar program studi dan daya tampung SPAN-PTKIN dapat dilihat pada laman resmi http://www.span-ptkin.ac.id

Laman Resmi dan Alamat Panitia Nasional

    • Informasi resmi mengenai SPAN-PTKIN dapat diakses melalui laman http://span-ptain.ac.id/
    • Informasi juga dapat diperoleh dari Perguruan Tinggi Negeri terdekat.
    • Alamat Panitia SPAN-PTKIN 2016

 Kampus II: Gedung Rektorat IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi,
Jl.  Jambi-Ma. Bulian KM. 16 Simp Sungai Duren, Muaro Jambi, 36363
Telp. 0741-583183
Fax. 0741-584118

                         Contac Person: Aminuddin 081366108673

                                                    Diana suswita 085366414515

                                                    Muhammad Irfan 081274025444

Collapsible Positions

If no modules are published to a position, the entire area or row will not appear or collapse.

Gantry Grid Distribution

Configure at Admin → Extensions → Template Manager → rt_cerulean, then go to Layouts to set the grid widths and allocated positions.

image

Forced Positions

There are times when you just don't want to have your modules taking up all the room in a horizontal row no matter what the layout. For example you might want to have a module on the left and a module on the right, with nothing in the middle.

This is made easy with Gantry with the Force Positions parameter for each layout, allowing you to set the count to a specific row number, such as 4, even if 4 modules are not published for that row.

Injected Gantry Features

Non-Standard Elements
 

There are Features that are injected into a position when enabled, and are stacked vertically; which includes: Social Buttons, Date, Font Sizer, Login Panel, Popup Module, Branding, Copyright, To-Top Scroller, System Messages, Reset Settings, and Google Analytics.

Grid Sizes

Configure at Admin → Extensions → Template Manager → rt_cerulean, then go to Layouts to set the grid widths and allocated positions.

By default, each grid is given an equal distribution, but this can be modified to a custom distribution between modules, such as 3/4/5 instead of 4/4/4. These options are available for when 2-6 modules are present.

MainBody / Sidebar Layouts

Configure at Admin → Extensions → Template Manager → rt_cerulean, then go to Layouts tab and set the varying Mainbody/Sidebar layout possibilities.

image
image
image

Note: If no modules are assigned to the Sidebar positions, the Mainbody will become full width.

Module Positions
Kata Mutiara Model Baju Gamis Pesta Model Baju Kerja Wanita Model Baju Sifon Model Baju Pramugari Model Baju Anak Perempuan Terbaru Kata Mutiara Kata Kata Lucu Kata Bijak Kata Motivasi Kata Mutiara Resep Masakan Ayam Cara Membuat Es Krim Cara Membuat Donat Kentang Cara Membuat Kue Ulang Tahun Cara Membuat Kue Nastar Cara Membuat Cireng Cara Membuat Batagor Cara Membuat Mie Ayam Cara Membuat Perkedel Kentang Cara Membuat Jamur Crispy cara membuat cendol cara membuat bubur ayam cara membuat ayam bakar cara memasak rendang Resep Masakan Indonesia Sehari-Hari Contoh Surat Saat ini banyak sekali berita otomotif terbaru yang bisa kita dapatkan secara instan. Bukan hanya itu saja, tabloid otomotif juga saat ini bukan hanya melalalui koran ataupun majalah otomotif yang dijual di toko koran pinggir jalan, namun sudah beralih ke media online. Artikel kebudayaan Indonesia saat ini sedang dicari banyak orang. Karena di dalamnya terdapat informasi wisata Indonesia yang sangat lengkap dan juga berbagai informasi wisata kuliner Indonesia lainnya. Kumpulan kata mutiara terbaru yang bisa anda gunakan sebagai pedoman hidup. Kata mutiara update setiap harinya yang bisa anda manfaatkan dalam mengambil sebuah jalan hidup. Kumpulan arti nama seseorang yang bermakna. Juga ada banyak nama bayi dan nama anak yang bisa anda jadikan nama untuk bayi baru anda. Nama bayi laki laki islam dan nama bayi perempuan yang bisa dijadikan acuan untuk nama baru anak anda. Untuk nama anak perempuan anda bisa memberikan nama yang cantik dan tentu bermakna agar nama tersebut dapat membawanya, sedangkan untuk nama laki laki islam anda bisa memberikannya dengan nama yang berhubungan dengan islami. Kumpulan Contoh Surat Lamaran terbaik yang bisa anda gunakan untuk melamar pekerjaan.Contoh Surat Lamaran Pekerjaan dan Contoh Surat Pernyataan bisa anda dapatkan secara mudah melalui internet. Ada juga Contoh Surat Resmi dan Contoh Surat Dinas jika anda akan melakukan perjalanan dinas dan lengkap beserta Contoh Surat Permohonan.